Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab badan kurus



Siapa yang tidak ingin mempunyai berat badan ideal. Pastinya semua orang menginginkan berat badan yang ideal agar tampilan menjadi menarik. Namun terkadang harapan jauh dari kenyataan. Badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk menjadi halangan untuk bisa tampil menarik di depan umum. Sebenarnya kondisi tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat diubah dengan cara menerapkan pola makan yang tepat. Jika badan terlalu gemuk, kita bisa mengakalinya dengan menjalankan diet sehat dan berolahraga secara teratur.

Lantas, bagaimana dengan kondisi badan yang terlalu kurus? Badan yang terlalu kurus memang membuat kita kurang percaya diri, terutama dalam pergaulan. Umunya keluhan badan yang terlalu kurus lebih banyak dialami oleh kaum pria. Sebaliknya, kaum hawa justru menginginkan tubuh yang kurus, langsing, dan seksi. Nah, kira-kira apa penyebab badan menjadi kurus? Berikut informasinya untuk Anda.

1.     Faktor Keturunan/ Genetika

Faktor genetika menjadi salah satu penentu kondisi berat badan seseorang. Seseorang dengan badan kurus bisa saja karena adanya pengaruh faktor keturunan di mana anggota keluarganya juga ada yang berbadan kurus. Genetika/ gen adalah penentu sifat yang diturunkan oleh orang tua. Gen bisa bersifat dominan atau resesif.  Sifat gen yang dominan tentu akan membuat Anda memiliki ciri/ sifat yang sama dengan salah satu orang tua Anda. Sedang sifat resesif umumnya tidak terlalu sama sifatnya dengan pembawa gen.

Postur tubuh menjadi salah satu sifat yang dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi, Anda yang berbadan kurus coba bisa Anda tanyakan pada orang tua apakah ada diantara anggota keluarga Anda yang berpostur sama dengan Anda. Jika kedua orang tua Anda tidak ada yang kurus, mungkin saja gen postur tubuh kurus berasal dari nenek/ kakek atau nenek/ kakek buyut dari salah satu orang tua Anda. Jika benar, berarti gen postur tubuh yang kurus bersifat resesif.

2.     Stress/ Terlalu Banyak Pikiran

Faktor penyebab badan menjadi kurus lainnya yaitu karena terlalu banyak pikiran yang kemudian menyebabkan stress. Ketika seseorang berfikir terlalu keras, tenaga pada tubuh akan terkuras. Jika tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik dan cukup serta istirahat yang cukup, maka lemak dan protein pada tubuh akan menyusut. Oleh sebab itulah otot-otot dalam tubuh akan mengecil sehingga tubuh akan menjadi kurus.

3.     Kurang Nutrisi

Faktor kurang gizi bisa dikatakan sebagai penyebab utama badan menjadi kurus. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, otot-otot tubuh akan lemah dan mengecil. Asupan nutrisi yang kurang bisa saja terjadi karena pola makan sehari-hari yang tidak teratur dan tidak/ jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Jadi, bagi Anda yang ingin tubuh Anda berisi, sebaiknya perhatikan pola makan dan kandungan gizi makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari. Pastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi terdapat sayur mayor, buah-buahan, susu, telur (atau sumber protein lainnya) dan nasi (sumber karbohidrat lainnya).

4.     Kurang Mengkonsumi Air Putih

Kurang mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan tubuh mengurus. Mengapa? Air adalah penyusun utama tubuh manusia. Kurangnya cairan pada tubuh dapat mempengaruhi proses pencernaan. Akibatnya proses pencernaan akan mengalami gangguan. Jadi sangat dianjurkan bagi kita semua untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar pencernaan lancar dan tubuh pun fit. Pastikan Anda perbanyak minum air putih karena air putih kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5.     Sering Begadang/ Kurang Istirahat

Tubuh  akan dalam kondisi sehat apabila ada keseimbangan beraktivitas, beristirahatm dan makan. Ketika ketiganya tidak berjalan dengan seimbang, tubuh akan mengalami gangguan. Masalah kesehatan akan mudah muncul pada mereka yang sering bergadang atau kurang tidur. Tubuh yang kurang istirahat akan mengalami gangguan pada proses metabolisme dalam tubuh.

Tak heran jika tubuh kemudian akan sangat mudah terjangkit penyakit-penyakit yang tentu dapat membahayakan tubuh. Untuk menghindarinya, sebaiknya istirahatlah secara teratur selama 8 jam setiap hari agar tubuh selalu fit dan siap menyambut aktivitas di pagi harinya.

6.     Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Anda ingin berat badan Anda bertambah? Jangan gunakan cara yang satu ini, yaitu mengkonsumsi junk foods seperti burger, pizza, dan jenis junk foods lainnya. Mengkonsumsi junk foods adalah cara yang salah untuk menambah berat badan Anda. Justru makanan-makanan seperti ini berpotensi menyebabkan penyakit jantung karena junk foods memiliki kandungan kolesterol jahat yang sangat tinggi.

Junk foods banyak mengandung lemak dan sedikit kalori, Demikian juga dengan minuman beralkohol, yang mana minuman keras ini rendah kandungan kalorinya. Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengurangi nafsu makan karena kandungan alkohol pada minuman dapat menyebabkan lambung terisi banyak gas sehingga perut terasa kenyang.

7.     Kurang Olahraga

Olahraga selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tentunya juga dapat menambah massa otot dalam tubuh. Coba Anda perhatikan mereka yang sering melakukan fitness secara teratur. Badan mereka terlihat padat dan berisi. Meskipun ada yang kurus, namun tetap kurus yang berisi sehingga enak dilihat.

Post a Comment for "Penyebab badan kurus"