Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan penyebab penyebab penuaan dini


Hati-hati dengan 10 makanan penyebab penuaan dini!

Banyak sekali zat yang terkandung pada makanan dan minuman zaman sekarang yang membawa dampak penuaan dini. Maka dari itu, pilihlah makanan yang Anda konsumsi dengan jeli.


Tahukah Anda bahwa beberapa zat dalam makanan yang Anda konsumsi dapat menyebabkan penuaan dini? Memang tidak semua zat dapat membuat wajah terlihat tua sebelum pada waktunya, tapi jika kurang diperhatikan akan membawa dampak buruk terhadap tubuh Anda. Berikut beberapa zat yang dapat menyebabkan wajah dan tubuh Anda terlihat lebih tua.

1. Gula pasir dan permen

Kosumsi gula berlebih akan mempercepat penuaan dini pada kulit karena rusaknya kolagen kulit diakibatkan bercampurnya molekul gula dengan protein. Kandungan gula paling banyak pada makanan yaitu dalam bentuk olahan seperti permen, jadi kurangi makan permen berlebih. Lagi pula, gula dan permen dapat merusak gigi.

2. Garam

Garam merupakan bumbu pokok dapur setiap keluarga, namun kandungan garam terlalu banyak akan merusak sel darah, menyebabkan tekanan darah tinggi dan tulang mudah keropos. Garam juga menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan kulit kering dan keriput.

3. Pemanis buatan

Para ahli menemukan bahwa pemanis buatan merupakan salah satu zat yang mempercepat penuaan dalam tubuh. Usahakan untuk lebih jeli lagi dalam memilih makanan atau jajanan yang mempunyai bahan pemanis buatan pada setiap produknya.

4. Minyak nabati

Minyak nabati mengandung lemak. Jika Anda mengonsumsinya tanpa mengimbangi dengan olahraga, tubuh akan mengalami penimbunan lemak yang akan membuat gemuk dan mempercepat penuaan dini.

5. Kafein

Kandungan kafein berlebih pada tubuh yang membuat ketergantungan ternyata juga akan membuat penuaan dini karena kafein juga memicu dehidrasi.

6. Alkohol

Selain membuat Anda kurang tidur, alkohol juga penyebab utama dehidrasi. Kurang tidur menyebabkan pigmentasi kulit tidak merata sehingga kulit wajah akan berjerawat dan elastisitas kulit hilang. Fungsi hati juga bisa menurun, membuat racun tubuh tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh dan juga komplikasi lainnya.

7. Teh hitam

Noda hitam akan merusak gigi, apalagi jika sulit dibersihkan dengan cepat. Hal ini tentu membuat penampilan tidak terlihat cerah.

8. Arang hitam

Sate, jagung bakar, dan beberapa makanan lain dibakar dengan arang haruslah Anda perhatikan, apakah sisa pembakaran masih tertempel pada makanan atau tidak. Karena kandungan zat hidrokarbon pro-inflamasi dari arang hitam akan merusak kolagen tubuh Anda.

9. Anggur putih

Zat asam yang dihasilkan anggur menghasilkan plak pada gigi, dan mengakibatkan rusaknya email gigi sehingga noda dari anggur putih yang secara tidak sengaja bercampur dengan noda makanan lain akan ikut tertempel pada gigi. Hal ini mengakibatkan gigi akan segera tampak kusam dan rapuh.




10. Rokok

Rokok memiliki segala macam zat beracun yang amat berbahaya bagi tubuh Anda. Begitu banyak macam zatnya, sehingga memiliki banyak sekali dampaknya, termasuk proses penuaan dini. Hindari kontak dengan asap rokok, dan berhentilah jika sudah menjadi pecandu karena itu yang terbaik bagi Anda dan orang sekitar Anda.

Post a Comment for "Makanan penyebab penyebab penuaan dini"