Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buat tv mini, keren banget


Belajar Program LED Berkedip Arduino
Membuat Tv Ukuran Super Mini
Anak Agung Duwi Arsana 29 Oktober 2012 Cerita Saya, Produk, Tips & Trik, Tutorial 8 Komentar 18,938 Views
Televisi atau tv sudah merupakan barang primer tentunya dikalangan kita semua. tentunya setiap rumah sekarang sudah hampir dipastikan memeiliki tv, walaupun minimal ada saja yang mempunyai setidaknya handphone yang dapat menonton televisi. Jaman sekarang kaya gini kalau hidup tanpa tv tu rasanya ga asik banget. ga bisa nonton film korea, ga bisa nonton telenovela, ga bisa nonton segalanya deh. hambar rasa dunia kalo ga ada tv.
Tv sekarang sudah banyak macam nya. dulu saya sangat ingat mempunyai sebuah tv dengan kotak kayu dan berwarna agak ke emasan (mungkin ini kali ya yang dikatakan layar emas) hehehe. layarnya Cembung membuat gambar sedikit melendung. biar begitu tetep asik aja nonton power ranger pada jaman itu. sekarang tv tabung sudah mulai di tinggalkan dan mulai digantikan dengan tv LCD dan yang lebih heboh lagi tv LED yang super tipis nya. Tv tabung (CRT) mulai ditinggalkan karena ukurannya yang sangat besar dan banyak banget ngabisin tempat. beda dengan TV LCD yang bisa dipasang ditembok dengan mudah.
Beberapa hari lalu saya mendapatkan sumbangan sebuah camcorder jadul dari saudara saya dengan merk sony. Camcorder itu sudah sangat berkarat dan pada saat saya buka banyak terdapat jumper kabel sebagai pengganti kabel flexyble. iseng iseng saya bongkar habis tuh camcorder dan saya menemukan bagian yang menarik, pada bagian viewfinder saya bongkar dan saya lihat ada tabung CRT seperti tabung TV biasa namun ukuran nya sangat kecil sekali.

Heran melihat tabung CRT sekecil itu langsung aja saya copotin tuh kabel nya sampe satu set bagian viewfinder terlepas. pada modul viewfinder itu terdapat sebuah IC, hanya 1 ic saja. Langsung saya cari datasheet ic itu dan akhirnya saya tau bahwa itu adalah ic konversi sinyal untuk viewfinder yaitu dari composite signal ke kendali untuk def. yoke dan tabung crt viewfinder itu. membaca datasheet itu yang ada tulisan composite signal di salah satu pin nya saya langsung teringat dengan kabel RCA dengan warna KUNING. langsung aja saya ambil tuner yang ada video out nya dengan kabel RCA KUNING. saya hubungkan dan rangkaian saya beri tegangan 5volt. dan WOOOOOOWW TV NYA MENYALA DENGAN LAYAR YANG SANGAT KECIL :

Post a Comment for "Buat tv mini, keren banget"